Welcome To My Blog Software And Tips Blog | Free Download Sofware, Tips And Trik Serta Artikel Menarik Lainnya. ==> 'Copas jika perlu' ==> Don't forget to leave your footproof and thank you for visiting,,, "I hope your day more beautiful than ever"

21 July 2011

Cara Membuat Fasilitas ' save page as PDF ' di Blog

“PEMBELI adalah raja!' itu yang sering kita dengar berkaitan dengan penjualan di toko. 'Pengunjung adalah raja!' itulah slogan bagi para blogger yang sedang berusaha menjaring pengunjung sebanyak-banyaknya.

Untuk melayani dengan baik pengunjung blog kita, dan me-maintenance pengunjung sehingga diharapkan akan menjadi pengunjung setia atau pengunjung tetap, ada banyak sekali upaya yang bisa ditempuh. Salah satunya dengan memasang fasilitas 'save page as PDF' untuk melakukan servis berkaitan dengan slogan pengunjung adalah raja tadi.


Kenapa perlu memasang fasilitas ini? jawabannya adalah karena bagi pengunjung biasa yang hanya membutuhkan artikel kita untuk dibaca dan disimpan, tentu ingin mendapat sebuah artikel yang bagus dan rapi. Dan bukankah kalau mereka mendapat artikel yang rapi dan enak dipandang mereka akan semakin senang? Dengan begitu diharapkan mereka akan menjadi pengunjung setia blog kita.

Secara standar kita biasanya akan menggunakan fungsi save as pada browser, tapi akibatnya ketika kita membuka kembali hasil penyimpanan file HTML saat offline halaman menjadi agak kacau, hal ini disebabkan karena ada bagian-bagian dari halaman yang menggunakan iframe dimana bagian halaman tersebut sebenarnya terpisah dari halaman artikel, kalau halaman dibuka saat offline maka halaman terpisah tadi akan kehilangan source sehingga menyebabkan halaman menjadi kacau. Iframe biasanya berasal dari pemasangan iklan-iklan PPC yang di-generate dengan javascript.

Pasti anda tahu dan pernah mengalami melakukan save as yang akibatnya pada halaman yang disimpan saat dibuka offline menjadi tidak enak dipandang. Agar tidak terjadi seperti itu, maka perlu memasang fasilitas 'save page as PDF" sehingga saat halaman disimpan tidak menjadi berantakan. Menyimpan dengan model ini lebih baik jika hanya membutuhkan artikel tanpa mau menyimpan link yang ada.

Kalau ada yang mau memasang fasilitas ini maka harus mendaftar dulu di http://web2.pdfonline.com, dan jika sudah, silahkan mengikuti petunjuk meminta kode di sana, semua petunjuk sudah jelas, sudah ada mulai pengaturan lebar hasil cetak, dsb.

Nah kode yang anda dapatkan nanti silahkan masukkan di blog, bisa di sidebar atau di manapun. Disarankan meletakkannya di bawah artikel sehingga akan dengan mudah terlihat setelah pengunjung membaca artikel. Hasil dari kode yang ditempelkan di blog seperti di bawah ini:

Photobucket

Nah jika mau mencoba seperti apa hasilnya silahkan klik gambar seperti di atas yang ada di bawah artikel ini. Kalau ingin meletakkan fasilitas ini di bawah postingan/artikel (blogspot) silahkan menuju edit HTML kemudian centang 'Expand Widget Templates' dan cari kode:
<p><data:post.body/></p>
Kalau sudah ketemu letakkan kode dari PDF online di bawah kode di atas. Sehingga contoh lebih lengkapnya seperti kode di blog ini akan seperti berikut:
<p><data:post.body/></p>
<center>
<!-- START: PDF Online Script -->
<script type="text/javascript">
var authorId = "C5044B9E-A581-4A69-9556-298332453DDA";
var pageOrientation = "0";
var topMargin = "0.5";
var bottomMargin = "0.5";
var leftMargin = "0.5";
var rightMargin = "0.5";
</script>
<script type="text/javascript" src="http://web2.pdfonline.com/pdfonline/pdfonline.js">
</script>
<!-- END: PDF Online Script -->
</center>
Kode yang di-bold adalah kode tambahan yang berfungsi agar gambar berada di tengah (center), kalau tidak diperlukan tidak perlu dipakai. Selamat mencoba dan selamat berjuang

↓↓Baca Juga Artikel Terkait Lainnya↓↓

Loading

0 komentar:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...