Welcome To My Blog Software And Tips Blog | Free Download Sofware, Tips And Trik Serta Artikel Menarik Lainnya. ==> 'Copas jika perlu' ==> Don't forget to leave your footproof and thank you for visiting,,, "I hope your day more beautiful than ever"

20 August 2011

Cara Rahasia Menghemat Pemakaian Quota Internet

Cara menghemat Quota internet anda adalah dengan menggunakan aplikasi Toonel. Cara kerjanya adalah, Aplikasi ini mengkompress halaman web yang akan kita buka dan membuatnya menjadi lebih kecil ukuran loading kilobitenya tapi tanpilannya tetap sama.
 Cara menggunakan aplikasi toonel.net ini sangat2 mudah sekali, cuman ada 3 langkah saja, 1. download dulu aplikasinya, 2. Install dan 3. Setting Proxy browser anda!

OK, here we go… Pertama-tama, saya menggunakan toonel pada Windows XP SP2 dan menggunakan Mozilla Firefox sebagai web browser. Selanjutnya silahkan download dulu software toonel-nya DISINI.

Simpan filenya di folder yang kamu inginkan, lalu buat shortcut ke file tersebut, biar lebih gampangnya buat shortcut langsung ke Start Menu atau Quick Launch toolbar yang disebalah tombol [Start] Windows. Jadi apabila kita ‘konek’ ke Internet, kita bisa dengan cepat meng-click toonel.jar sebelum membuka web browser. Sebaiknya buka dulu toonel.jar sebelum login/dial ke internet.
Sebenarnya software ini dibuat dalam bahasa Java, jadi kita  membutuhkan Java Runtime Environment (JRE) untuk menjalankannya, tetapi saya sarankan untuk mencoba dulu dengan langsung membuka toonel.jar (siapa tau JRE nya udah ada di komputer kamu, jadi ga perlu repot2 -makan waktu lebih lama- lagi untuk mendownload JRE yang lumyan besar ukuran filenya), tetapi kalau sudah di click dan muncul windows ini (*windows cannot open this file:*): berarti JRE nya belom ada tuh… hehehe.. :D Silahkan klik disini untuk meng-unduh-nya :-P Kalau sudah berhasil di donlot, install dulu JRE nya, kemudian restart komputer kamu. Sekarang coba masuk ke Control Panel, dan kalau ada icon Java disitu berarti JRE sudah terinstall dengan ‘selamat’ :-P Sekarang langsung kita coba saja, click kembali toonel.jar, harusnya aplikasi toonel.net terbuka dengan ‘mulus’ :) (lihat gambar dibawah) Selanjutnya buka/click tab [Mapping], dan click baris 127.0.0.1 -> lihat statusnya dibawahnya, apabila tertulis {running} berarti toonel sudah aktif di komputer kita. Kalau belum click tombol [Apply] Langkah berikutnya adalah setting Proxy browser kita, apabila anda menggunakan Firefox sama seperti saya (Firefox versi 6 loh ya..), maka buka Firefox nya, masuk ke menu Tools -> Options, buka tab [Network] dan click tombol [Settings...], maka akan muncul window berikut: masukkan setiing seperti contoh gambar diatas, perhatikan alamat IP & port proxy yang kita masukkan harus sama dengan IP yang sudah kita tentukan di toonel tadi (IP: 127.0.0.1  port :  8080). Buat pengguna Internet Explorer, untuk setting Proxy, silahkan masuk ke menu Tools -> Internet Options, buka tab [Connections] dan click tombol [LAN Settings...] (lihat gambar dibawah) Jangan lupa setelah setting proxy, tutup dulu web browser anda. OK, sekarang setelah semuanya berhasil di setting dengan baik, mari kita coba aplikasi toonel ini apakah bekerja dengan semestinya dan sesuai dengan harapan kita.. (menghemat pulsa/pemakaian internet kita). Silahkan Login/dial ke internet, pastikan toonel sudah aktif, buka web browser dan browsing ke situs pilihan anda (katakanlah http://nick-christ77.blogspot.com :-P ) dan perhatikan kompresi bandwith di aplikasi toonel kita (tab [Status]). Apabila sudah muncul angka2 nya, berarti.. **abrakadabra**… toonel berhasil mengehemat pulsa/quota/uang kita… hehehe… Untuk mengetahui seberapa besar toonel bisa menghemat pemakaian Internet kita, coba bandingkan antara browsing dengan menggunakan toonel dan dengan tidak menggunakan toonel.

1. Tanpa toonel
a. Cek dulu quota/pulsa anda sebelum browsing,
b. nonaktifkan aplikasi toonel (close aja)
c. matikan settingan proxy di web browser
d. login/dial ke internet
e. buka browser dan browsing ke situs apa saja (contoh http://nick-christ77.blogspot.com)
f. logoff dari internet
g. cek kembali pulsa/quota anda (catat berapa yang terpakai)
2. Dengan toonel
a. Cek dulu quota/pulsa anda sebelum browsing,
b. aktifkan aplikasi toonel (lihat statusnya)
c. setting kembali proxy di web browser anda
d. login/dial ke internet
e. buka browser dan browsing ke situs yang tadi (pastikan harus situs sama ya..)
f. cek kompresi di toonel (catat Total Compression Ratio nya)
g. logoff dari internet
h. cek kembali pulsa/quota anda (catat berapa yang terpakai)
Dan bandingkan antara mengunakan toonel dan tanpa toonel, harusnya persentase nya sama dengan Ratio nya toonel! Kalau memang sama atau beda2 tipis… selamat anda berhasil berinternet lebih hemat! heheehehe… Tapi kalau ga ada bedanya.. yaaa.. berarti ga ngaruh donk ya… :D

OK pren… :) semoga tutorial ini bermanfaat ya… silahkan ‘disebarluaskan’

↓↓Baca Juga Artikel Terkait Lainnya↓↓

Loading

0 komentar:

Post a Comment

 
Photography Templates | Slideshow Software
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...