29 December 2011

Waspadalah, Ternyata Ada Mata-Mata Di Dalam Ponsel Kita!

 

Tahukah Anda | Software
Ternyata terdapat sebuah software yang dicurigai sebagai mata-mata yang tertanam di dalam ponsel berbasis Android, Symbian,
Blackberry,

webOS
, dan iOS. Dimana perangkat lunak tersebut dapat mencatat segala sesuatu yang kita lakukan dalam handphone kita.

What?!?!?!

Isu terdapatnya software mata-mata yang ada di dalam gadget ini menjadi pembicaraan hangat di Amerika Serikat. Adalah sebuah software bernama Carrier IQ yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dimana pertama kali dipublikasikan oleh seorang pemuda berusia 25 tahun bernama Trevor Eckhart pekan lalu.

Dilaporkan oleh situs NakedSecurity.Sophos.com bahwa Carrier IQ dibawa oleh beberapa operator terkemuka di Negeri Paman Sam seperti Verizon, Sprint, dan lainnya yang tampaknya sistem ini mampu memonitor apa saja yang kita lakukan pada ponsel kita. Tentu saja hal inilah yang membuat banyak orang marah karena berhubungan dengan pelanggaran sistem keamanan, privasi, serta kepercayaan individu


Bagaimana Carrier IQ bekerja?

Eckhart menganalisa perangkat lunak yang bekerja pada ponsel Androidnya dan menemukan bahwa spyware ini berjalan dengan cara yang licik. Carrier IQ di instal sedemikian rupa sehingga tidak dapat terdeteksi tanpa pengetahuan tekis yang mumpuni. Carrier IQ mampu mencatat semua tombol yang kita tekan pada ponsel kita (ini artinya segala aktifitas kita akan termonitor) dan mencatat semua URL yang telah dikunjungi (termasuk HTTPS) walaupun kita telah mendisable jaringan.

Bahayanya lagi tidak ada notifikasi atau kebijakan privasi yang muncul sebagai pemberitahuan bahwa Carrier IQ ada di ponsel, serta hampir tidak mungkin untuk menghapusnya. Penelitian yang dilakukan oleh Eckhart menunjukkan bahwa Carrier IQ sedang melakukan pengumpulan data, tanpa adanya pemberitahuan data akan di kirim kebali atau tidak.


Pembuat Carrier IQ mengkalim bahwa software yang dibuat oleh mereka di desain untuk membantu operator mobile untuk mengembangkan kualitas servis yang mereka berikan dengan mengukur banyaknyatelepon yang terputus, aplikasi apa yang menyebabkan turunya performa gadget, dan ponsel mana yang memiliki masalah

dengan jaringannya.

Gadget apa yang tertanam Carrier IQ?

Menurut berita yang dilansir oleh ZDNET Apple mengeluarkan statemen yang menyatakan bahwa perusahaan menghentikan Carrier IQ dalam gadget yang menggunakan sistem operasi iOS 5.0 akan tetapi iPhone yang menggunakan iOS 3,4 masih terkait software ini.

Sedangkan untuk Nokia, ungkap bahwa produk yang dibuat tidak tertanam Carrier IQ. Begitu juga dengan RIM yang mengkonfirmasi bahwa mereka tak pernah menginstal Carrier IQ dalam gadget mereka.


Google pun menyangkal tak pernah memasang Carrier IQ, perusahaan penguasa mesin pencari terbesar di dunia itu akui bahwa Android bersifat open source (terbuka) jadi siapa saja baik operator maupun pembuat aplikasi bisa melakukan penyesuaian yang dikehendaki.
(sdmi)

No comments:

Post a Comment