18 May 2011

Cara Deteksi Driver Pada Komputer Komputer

Cara Mencari atau Mendeteksi Driver Komputer Yang Tidak Diketahui. Kerusakan system  operasi komputer/laptop adalah hal yang sangat tidak di kehendaki, apalagi jika harus sampai menginstall ulang komputer. Yang lebih sulit lagi adalah, jika driver komputer/laptop tersebut hilang atau tidak ada semenjak membeli komputer tersebut.
Mengapa driver komputer sangat diperlukan ? Sebuah driver berfungsi untuk membuat kinerja komputer berjalan dengan optimal. Contohnya driver soundcard berfungsi agar sound/suara komputer dapat mengeluarkan suara, Fungsi driver VGA Card sangat dibutuhkan pada saat kita bekerja dengan graphic.
Karena kinerja komputer sangat bergantung dari VGA Card, soundcard, Motherboard dll, maka kehilangan drivernya adalah sesuatu yang merugikan. Karena VGA, soundcard maupun Motherboard ataupun yang lain tidak akan bekerja tanpa driver tersebut.
Jika driver komputer kita hilang atau tidak kita miliki, maka ada 2 cara mendeteksi driver komputer yang tidak kita ketahui tersebut yaitu mendeteksi secara manual driver komputer ataupun mendeteksinya secara otomatis dengan bantuan program yang bernama driver fetch.
Langkah mendeteksi driver komputer secara manual maksudnya adalah dengan melihat secara lansung di soundcard maupun VGA card yang digunakan. Misalnya kalau di laptop biasanya tertulis di bawah keyboard laptop (Ex : asus, Ndivia, GEForce, ATI dll) yang biasanya juga berdampingan letaknya dengan sistem operasi yang dianjurkan.
Sedangkan untuk mendeteksi soundcard di komputer pc, adalah dengan melihat secara lansung pada slot soundcard yang dipasang. Karena biasanya tercantum merek dari soundcard. Jika telah diketahui jenis driver komputer yang dipakai, langkah selanjutnya adalah dengan mencari driver tersebut di internet.
Jika ragu dengan cara di atas, maka ada cara lain yaitu dengan menggunakan software pendeteksi driver komputer laptop. Driver fetch adalah salah satu software pendeteksi komputer. Walaupun software driver ini sejatinya adalah versi berbayar, namun kita bisa mencoba versi trialnya. Perbedaannya adalah, driver fetch full version menyediakan update secara lansung dan lengkap versi driver yang kita gunakan namun versi trial kita harus memilahnya satu-persatu.
Hebatnya lagi, versi trial driver fetch dapat digunakan secara offline (tidak terhubung ke internet) untuk mendeteksi driver komputer kita. Jika telah dapat versi jenis drivernya yang disertai link download driver, maka kita bisa mendownloadnya dengan menggunakan saran dari link download yang diberikan driver fetch.
Berikut cara mendeteksi driver dengan software driver fetch

  1. Download dan install driver fetch. Kemudian jalankan driver fetch. Klik Scan now untuk scan driver komputer/laptop, tunggu beberapa saat sampai selesai.
  2. scan driver with driver fetch
  3. Setelah selesai scan driver, klik get driver
  4. hasil driver yang telah diketahui
  5. Jika menggunakan full version atau versi berbayar, maka akan tampil driver tersebut bisa lansung di download dan diinstall di komputer. Jika menggunakan versi trial, catat setiap link download ke dalam notepad atau MS. Word untuk kemudian di cari drivernya di internet
  6. driver fetch update driver
Spesifikasi minimum :
  • Operating Systems : Windows XP Home/Professional, Windows Vista (32-bit & 64-bit), Windows 7 (32-bit & 64-bit)
  • Hardware : Minimum 500MHz CPU, 64MB RAM, and 52MB hard drive space
Download Free Driver Fetch Trial Edition

No comments:

Post a Comment