Pageviews adalah seberapa banyak halaman yang dilihat atau dibaca oleh pengunjung situs atau blog kita. Semakin betah, semakin banyak halaman blog yang “diubek-ubek” dan itu berarti akan semakin tinggi pageviews blog kita.
Oh ya, pageviews adalah salah satu statistik penting bagi calon pengiklan atau sponsor blog kita.
Untuk itu, ada baiknya kita simak lima tips meningkatkan pageviews ala Blain Reinkensmeyer ini.

* Instal plugin Posting Terkait: Plugin ini memungkinkan posting-posting terkait muncul di bawah sebuah posting kita. Jika pembaca mengklik posting-posting terkait tersebut, otomatis pageviews blog kita akan bertambah. (Strategi ini sudah saya coba di 3Gweek, dan hasilnya memang signifikan).
* Optimalkan link internal: Usahakan posting-posting yang kita buat menggunakan link-link internal yang sudah ada sebelumnya. Link internal ini juga akan mendorong pembaca menemukan posting terkait dengan konsep atua topik yang sedang dibicarakan dalam sebuah posting.
* Optimalkan posting-posting terpopuler: Jika di blog kita terdapat posting-posting terpopuler (mungkin bisa tercermin dari hit atau komentar),sebaiknya tampilkan kembali daftarnya di satu tempat di blog, misalnya di sidebar. (Di blog thegadgetnet.com ini hal ini sudah saya praktekkan yakni dengan menaruh posting-posting terpopuler di sidebar dan di salah satu menu header yakni “Best Tips”).
* Berdayakan arsip: Arsip posting-posting (baik yang terkelompok dalam daftar berdasarkan bulan maupun yang ada di kelompok kategori) sebelumnya juga sangat berpengaruh dalam “membujuk” pembaca agar tetap betah nongkrong di blog kita. Jadi, taruhlah fitur arsip di bagian yang agak menonjol di sidebar — jangan ditaruh paling bawah.
* Tulislah content yang menarik: Ya, pada akhirnya memang kembali pada content. Content yang bagus dan bermanfaat akan membuat pembaca balik lagi secara rutin ke blog